Prodi Sistem Informasi UMK Selenggarakan Kuliah Umum tentang BIG DATA

Prodi Sistem Informasi UMK Selenggarakan Kuliah Umum tentang BIG DATA

UMK - Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus (UMK) selenggarakan Kuliah Umum dan Kuliah Tamu (12/3/2022) secara virtual melalui platform zoom . Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada Mahasiswa Sistem Informasi Semester IV untuk Kuliah Umum dan Mahasiswa Sistem Informasi Semester VI untuk Kuliah Tamu. Mengangkat tema seputar BIG DATA Pemateri yang mengisi adalah Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom yang merupakan Guru Besar dari Universitas Kristen Satya Wacana mengisi Kuliah Umum, dan untuk Kuliah Tamu mengundang alumni dari Program Studi Sistem Informasi Aris Suryawan, S.Kom yang sekarang menjadi Programmer di PT. Pura Barutama.

Pada materinya, Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom menyampaikan bahwa untuk Mahasiswa Sistem Informasi harus selalu update dalam menggali masalah dalam bidang penelitian."Mahasiswa SI harus up to date , semua perkembangan dunia teknologi dan sistem informasi seperti pemanfaatan BIG DATA yang berguna pada kehidupan sehari-hari", dia. Harapan Eko mahasiswa jangan kalah dengan siswa SMK yang sekarang sudah pandai membuat aplikasi-aplikasi manajemen, pemasaran, dan lainnya. Banyak masalah dalam hidup maupun sehari-hari yang dapat diangkat menjadi penelitian BIG DATA , dimana kita dapat memanfaatkan data-data yang banyak dikonsumsi publik di dunia Internet survey langsung ke Masyarakat.

Begitu pula di dunia industri, sekarang BIG DATA berkembang pesat pada pengolahan informasi yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan industri. Seperti yang disampaikan Aris Suryawan, S.Kom, apa keinginan konsumen dapat kita teliti dan ketahui sehingga dapat tercipta tren baru sesuai target pasar, ujarnya mengisi Kuliah Tamu dengan Mahasiswa Sistem Informasi UMK. 

Sebelumnya, Program Studi Sistem Informasi UMK juga pernah mengadakan Kuliah Umum dan Kuliah Tamu dengan tema METAVERSE mengundang Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya , MS.IEC (Profesor bidang Sistem Informasi dan Penggiat Meteverse dari UKSW) dan Richa Ferry Setyawan, S.Kom (Alumni Prodi Sistem Informasi). Tema ini juga menarik karena sedang booming baru-baru ini. Harapan pelaksanaan kegiatan semacan ini agar bisa menjadi bekal bagi Sistem Informasi agar selalu update dalam hal teknlogi terbaru.

Ketua Program Studi UMK, Supriyono S.Kom, M.Kom menambahkan, "Kita akan mencetak lulusan Prodi Sistem Informasi UMK yang kredible, aware , dan cerdas membaca peluang, serta punya inovasi kreatif mengenai teknologi yang berkembang saat ini", katanya. Menghadapi dunia teknologi yang semakin maju dan tren yang berubah-ubah, Prodi Sistem Informasi UMK akan membaca peluang dan strategi untuk terus berkembang dan menciptakan lulusan yang unggul dan berdaya saing global khususnya pada bidang Sistem Informasi. 


Print   Email

Related Articles