Sejarah

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) berdiri berdasarkan kebutuhan tenaga kerja dibidang teknologi informasi di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya pada tahun 2002 melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Perguruan Tinggi (Dirjen DIKTI) Nomor: 1324/D/T/2002 yang pengelolaannya langsung dibawah Fakultas Teknik. Pada tahun 2004 berhasil memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI Nomor: 4563/D/T/2004. Pada tahun 2006 Program Studi Sistem Informasi FT UMK memperoleh akreditasi C berdasarkan Surat Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 019/BAN-PT/Ak-XSI/XII/2006.
Sehingga pada tahun 2022 Program Studi Sistem Informasi FT UMK telah berumur dua puluh (20) tahun dengan slogan “Dua Puluh Tak Mengenal Rapuh” pada usia dua puluh tahun ini diharapkan Program Studi Sistem Informasi Semakin Maju, Semakin Ampuh Tanpa Mengenal Rapuh Walau Berkucuran Peluh.
Visi Program Studi Sistem Informasi

Menjadi Program Studi yang Unggul di bidang Sistem Informasi, Berbasis Kearifan Lokal serta Berdaya Saing Global

Misi Program Studi Sistem Informasi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang unggul dibidang sistem informasi bermuatan softskill dengan menerapkan kurikulum perguruan tinggi berbasis KKNI, kearifan lokal serta berdaya saing global.

  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang lebih inovatif di bidang sistem informasi berbasis kearifan lokal untuk masyarakat dan.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang sistem informasi berbasis kearifan lokal dengan melibatkan partisipasi aktif civitas akademik dan masyarakat.

  4. Membangun dan mengembangkan kerjasama di bidang sistem informasi dengan institusi di dalam dan di luar negeri untuk menunjang penguatan program studi Unggul yang berbasis kearifan lokal dan berdaya saing global.

  5. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan berkeadilan.

Tujuan

    1. Menghasilkan lulusan Sistem Informasi yang profesional, kreatif, bertanggung jawab, bermoral, mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi dan bisnis yang berdaya saing global.
    2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat di bidang Sistem Informasi berbasis kearifan lokal.
    3. Menghasilkan pengabdian masyarakat di bidang Sistem Informasi dengan memberdayakan civitas akademik dan masyarakat agar mampu memecahkan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.
    4. Mewujudkan kerjasama strategis program studi yang saling menguntungkan dengan institusi lokal, nasional dan internasional.
    5. Mewujudkan tata kelola program studi yang mandiri, akuntabel, transparan,adaptif, kreatif, dan proaktlf terhadap perkembangan lıngkungan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Strategi

  1. Mengimplementasikan kurikulum yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional indonesia (KKNI), serta diimplementasi sesuaı standar kompetensi lulusan dengan keunggulan bidang sistem informasi.

  2. Terpenuhinya jumlah, kualifikasi, serta kompetensi dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan standar dosen dan tenaga kependidikan.

  3. Akreditasi program studi Unggul oleh LAM Infokom dan Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul.

  4. Meningkatkan penelitian dan pengabdıan masyarakat dengan melibatkan mahasiswa dan berfokus pada bidang sistem informasi.

  5. Peningkatan budaya meneliti dan publikasi ilmiah ke prosiding seminar nasional, seminar Internasıonal, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

  6. Pengintensifan efısiensi dan efektifitas tata kelola prodi sistem informasi melalui peningkatan profesionalisme, etika akademik, mutu dan akuntabilitas.

  7. Pengelolaan organisasi memenuhi prinsip kreditxl, akuntabel, bertanggung jawab, transparan dan adil dilaksanakan secara konsisten oleh segenap komponen sistem organisasi Prodi Sistem Informasi Fakültas Teknik Universitas Muria Kudüs.

  8. Mempunyai Standar Mutu sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna lulusan.

  9. Mempunyai sistem instrumentasi penjamin mutu internal yang sesuai, memiliki reliabilitas baik dan lengkap.

  10. Monitoring serta evaluasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dilakukan dan dievaluasi oleh Fakultas dan Universłtas sebagai budaya mutu yang dijunjung tinggł.

  11. Mempunyai rasio mahasiswa dan dosen yang ideal.

  12. Mempunyai Dosenyangmemilikijabatan fungsional Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar.

  13. Peningkatan kegiatan penalaran, keilmuan minat dan bakat mahasiswa melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM).

  14. Pemantapan program pembinaan kegiatan mahasiswa dengan arah kebijakan yang jelas untuk mendukung program studi.

Daftar Akreditasi Program Studi Sistem Informasi UMK

1. Akreditasi Prodi Sistem Informasi Tahun 2006 - Download

2. Akreditasi Prodi Sistem Informasi Tahun 2012 - Download

3. Akreditasi Prodi Sistem Informasi Tahun 2017 - Download

Image