Sejarah

Program Studi SIstem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) berdiri berdasarkan kebutuhan tenaga kerja dibidang teknologi informasi di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya pada tahun 2002 melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Perguruan Tinggi (Dirjen DIKTI) Nomor: 1324/D/T/2002 yang pengelolaannya langsung dibawah Fakultas Teknik. Pada tahun 2004 berhasil memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI Nomor: 4563/D/T/2004. Pada tahun 2006 Program Studi Sistem Informasi FT UMK memperoleh akreditasi C berdasarkan Surat Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 019/BAN-PT/Ak-XSI/XII/2006.
Sehingga pada tahun 2012 Program Studi Sistem Informasi FT UMK telah berumur sepuluh (10) tahun dan akan berulang tahun pada bulan Oktober. Dengan slogan “Sepuluh Tak Mengenal Rapuh” pada usia ke-sepuluh tahun ini diharapkan Program Studi Sistem Informasi Semakin Maju, Semakin Ampuh Tanpa Mengenal Rapuh Walau Berkucuran Peluh.
Visi Program Studi Sistem Informasi

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan handal dalam teknologi informasi tahun 2025, khususnya kompetensi  dibidang  sistem informasi, berbudaya, berbudi,  dan berkepribadian luhur

Misi Program Studi Sistem Informasi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang sistem informasi yang mampu mengikuti perkembangan sistem informasi dan penerapannya dalam kebutuhan masyarakat industri.
  2. Menumbuhkembangkan staff pengajar dan mahasiswa, serta lulusan yang mampu menerapkan kehidupan berbudaya, dan berkepribadian luhur, berjiwa wirausaha, kepemimpinan, profesional, intelektual, dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Menyelenggarakan kajian teknologi yang melibatkan stakeholder untuk mencapai kualitas standar kompetensi program studi yang terfokus pada integrasi teknologi informasi dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan penelitian untuk menciptakan dan mengembangkan karya di bidang sistem informasi demi kepekaan dan kepedulian terhadap kehidupan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan pengabdian untuk menularkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi perkembangan sistem informasi kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer menggunakan metode analisis dan perancangan sistem, dengan alat bantu tertentu beserta dokumentasinya.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dengan proses bisnis sistem dan pengembangannya dalam pelaksanaan implementasi sistem.
  3. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan pada budaya, serta mempunyai sikap profesionalisme yang tinggi dan beretika profesi.
  4. Menghasilkan lulusan yang intelektual serta mampu berwirausaha dan mempunyai jiwa kepemimpinan.

Daftar Akreditasi Program Studi Sistem Informasi UMK

1. Akreditasi Prodi Sistem Informasi Tahun 2006 - Download

2. Akreditasi Prodi Sistem Informasi Tahun 2012 - Download

3. Akreditasi Prodi Sistem Informasi Tahun 2017 - Download

Image